Desember 20, 2010

Tips Mengoptimalkan Manfaat Teh Untuk Tubuh

Teh memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh, antara lain sebagai antioksidan, memperbaiki sel-sel yang rusak, menghaluskan kulit, mencegah penyakit jantung, mengurangi kolesterol dalam darah dan melancarkan sirkulasi darah. Khasiat teh tersebut dihasilkan dari kandungan-kandungan/zat-zat yang ada dalam secangkir teh, yakni:



1. Polifenol. Polifenol pada teh berupa katekin dan flafanol. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang ada dalam tubuh Anda disebabkan karena lingkungan udara yang telah tercemar polusi dan makanan yang Anda konsumsi. Selain itu, senyawa ini juga ampuh mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh.

2. Vitamin E. Dalam satu cangkir teh terkandung vitamin E sekitar 100-200 IU merupakan kebutuhan satu hari bagi tubuh manusia. Jumlah ini berfungsi menjaga kesehatan jantung dan sekaligus membuat kulit Anda menjadi halus.

3. Vitamin C. Vitamin ini berfungsi sebagai imunitas atau daya tahan bagi tubuh manusia terhadap penyakit.

4. Vitamin A. Vitamin A yang ada pada teh berbentuk betakaroten

Hal yang perlu dihindari saat minum teh adalah:

1. Hindari minum teh saat atau sesudah makan karena zat yang terkandung dalam makanan dapat dicuri oleh zat stimulan teh.

2. Hindari minum teh saat perut kosong sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung.

3. Hindari minum teh yang dicampur dengan gula, karena rekasinya dapat mengurangi zat-zat yang terkandung dalam teh.

4. Hindari minum teh yang sudah semalaman karena sudah banyak zat-zat dalam teh yang telah teroksidasi dan basi sehingga tidak baik untuk tubuh.

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar