Januari 02, 2011

Jose Mourinho Tokoh Italia 2010

Manajer Real Madrid, Jose Mourinho, dianugerahi penghargaan Tokoh Tahun 2010 oleh harian olahraga Italia, La Gazetta dello Sport. Ini adalah pertama kalinya Mourinho mendapat penghargaan di Italia, yang ironisnya diraih setelah ia tak lagi di sana.
Mourinho berkarier sebagai pelatih selama dua musim di Italia, yaitu pada 2008-2010 di Inter Milan. Selama di sana, manajer asal Portugal ini beberapa kali terlibat konflik dengan tokoh-tokoh sepak bola lokal.
Ia bahkan pernah mengatakan, sepak bola Italia tidak menghargai orang dari pekerjaan, tetapi dari kewarganegaraan. Ini mengacu kepada prestasinya membawa Inter menjuarai Serie-A pada musim pertamanya, tetapi tak mendapat penghargaan apa pun.

Ketika ia membawa Inter menjuarai Liga Champions, Serie-A, dan Piala Italia pada musim terakhirnya, barulah publik sepak bola Italia mulai bersikap segan kepadanya. Namun, itu tak membuat Mourinho mengurungkan niat hengkang ke Madrid.
Meski begitu, Mourinho berjasa menjaga martabat Serie-A di hadapan liga-liga besar lain, misalnya Liga BBVA dan Premier League. Atas dasar inilah La Gazetta dello Sport menganugerahkan penghargaan tersebut.

Sumber kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar